header-int

Buka Bersama Civitas Akademika STAI Attanwir

Selasa, 11 Jun 2018, 17:41:54 WIB - 83 View
Share
Buka Bersama Civitas Akademika STAI Attanwir

Bulan Ramadan tahun ini semakin semarak lantaran jajaran civitas akademika STAI Attanwir Bojonegoro genap menyelenggarakan ‘buka bersama’ pada hari Senin (11/06/2018). Dihadiri oleh segenap kalangan, mulai pengelola, pengasuh, pengajar, hingga muhibbin, acara yang dimulai pada pukul 16.00 WIB tersebut berlangsung khidmat.

Kegiatan berbuka puasa berlokasi di luar gedung kampus digelar penuh akrab dan santai. Suasana kekeluargaan dan kebersamaan tercipta antara dosen dan mahasiswa. Berbeda dengan kesan formal pada saat perkualiahan berlangsung di kelas, acara ini cenderung bersifat informal.

Apabila proses pembelajaran dilakukan dengan duduk di atas menghadap proyektor, maka kegiatan kali ini cukup dengan duduk ‘lesehan’ di atas karpet. Harapannya, jarak yang sebelumnya tercipta antara dosen dan mahasiswa bisa lebur.

Meskipun demikian, supaya lebih terarah, momentum ini tetap dirangkai dengan acara seremonial. Setelah bacaan tahlil dan sambutan, K.H. Fuad Sahal selaku pengasuh Yayasan Pondok Pesantren (Ponpes) Attanwir menutupnya dengan doa.

Uniknya, saat hadirin dituntut khusyu’ mengikuti pembacaan doa, konsentrasi mereka justru sedikit terganggu lantaran waktu berbuka sebentar lagi tiba. Tak ayal jika pandangan mereka tertuju pada jam dinding yang terletak di belakang K.H. Fuad Sahal.  

Saat adzan Maghrib berkumandang, semua yang hadir segera menyantap menu makanan yang sama: ayam goreng dan sambal kemangi. Berbuka puasa terasa lebih nikmat lantaran di depan mereka juga teronggok tiga butir kurma dan segelas es buah yang siap memanjakan lidah. Dengan diselenggarakannya acara ini, semoga ibadah puasa tahun ini kian sempurna.

Unidha Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Attanwir Bojonegoro didirikan dengan maksud menyiapkan mahasiswa yang memiliki kematangan ajaran Islam Ala Ahlussunnah Waljamaah, memiliki kemampuan akademik yang tinggi, profesional, yang dapat mempraktekkan, mengembangkan, dan atau menciptakan ilmu pengetahuan, dan teknologi, serta keislamaan, berbudiluhur (akhlakulkarimah), dan mengupayakan penggunaan Imtaq dan Iptek untuk kesejahteraan jasmani dan rohani, masyarakat, bangsa dan negara.
© 2018 STAI Attanwir Follow STAI Attanwir : Facebook Twitter Linked Youtube