header-int

Kreasi Mahasiswa PBA dalam Seni Kaligrafi

Senin, 07 Jan 2019, 16:14:21 WIB - 35 View
Share
Kreasi Mahasiswa PBA dalam Seni Kaligrafi

Dalam sejarah peradaban Islam, seni tulis huruf Arab yang isinya berupa potongan ayat Alqur’an atau Hadits Nabi SAW ini mempunyai tempat yang istimewa. Setiap muslim percaya bahwa Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan oleh Allah Swt ketika menurunkan Al-qur’an kepada Nabi Muhammad SAW. Bahasa ini juga digunakan dalam seluruh tata peribadatan oleh kaum muslimin di seluruh dunia. Maka kaum muslimin mengeskpresikan kreasi seninya antara lain lewat seni kaligrafi ini. Karya-karya kaligrafi ini banyak menjadi hiasan di banyak bidang, mulai dari bangunan, koin, seni dekoratif, permata, tekstil, senjata sampai manuskrip.

Oleh sebab itu, selain belajar tentang pendidikan bahasa Arab, kaligrafi merupakan matakuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa PBA, sebagai bekal keahlian mahasiswa dalam mengasah seni dari Arab tersebut.

Latihan membuat kaligrafi ini dilaksanakan di kampus STAI Attanwir pada hari Jumat (28/12/2018).

"Keterbatasan waktu yang hanya belajar satu semester tidak menyurutkan langkah untuk berkreasi sehingga saya mensiasati dengan pembelajaran sejarah kaligrafi di awal, latihan tulisan, dan selanjutnya membuat karya kaligrafi. Mahasiswa tetap antusias untuk belajar dan membuat karya kaligrafi".Tutur bapak Khosip Ikhsan, M.H.I selaku pengajar dan pembina seni Kaligrafi.

Semoga mahasiswa  PBA STAI Attanwir juga dapat mewarnai khazanah kesenian keislaman.

Unidha Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Attanwir Bojonegoro didirikan dengan maksud menyiapkan mahasiswa yang memiliki kematangan ajaran Islam Ala Ahlussunnah Waljamaah, memiliki kemampuan akademik yang tinggi, profesional, yang dapat mempraktekkan, mengembangkan, dan atau menciptakan ilmu pengetahuan, dan teknologi, serta keislamaan, berbudiluhur (akhlakulkarimah), dan mengupayakan penggunaan Imtaq dan Iptek untuk kesejahteraan jasmani dan rohani, masyarakat, bangsa dan negara.
© 2019 STAI Attanwir Follow STAI Attanwir : Facebook Twitter Linked Youtube